pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Kebun Raya Liwa Longsor Akibat Curah Hujan Tinggi

LIWA (29/11/2023) – Kebun Raya Liwa di Balikbukit, Lampung Barat, mengalami lonsor sedalam 15 meter dan lebar 40 meter, Selasa 28 November 2023. Bencana ini akibat curah hujan tinggi sejak pagi hingga malam.

Titik longsor berada di sisi kanan dan dekat Kantor Kebun Raya Liwa. Longsoran merusak talud, tanaman dan menyisakan retakan hingga tanah ambles atau bergeser. Mengingat kondisi tanah labil, kantor pun terancam longsor susulan jika kembali hujan deras.

Kasubag Tata Usaha Kebun Raya Liwa Budi Hariyadi menyayangkan kejadian longsor di bagian spot favorit wisatawan. Bagian bawah spot foto runtuh ke jurang. Tiang lampu juga ambruk. Pengunjung lokal maupun wisatawan nasional biasanya memilih spot itu sebagai tempat berfoto karena view paling bagus.

Pengelola melakukan penanganan sesederhana mungkin untuk mencegah kejadianl tidak diinginkan. Titik longsor dipasang pembatas tali dan pengunjung diimbau berhati-hati atau tidak melewati area tersebut.

Longsor Kebun Raya Liwa berdampak penurunan pengunjung. Staf dan pegawai bahkan memilih beraktivitas di luar gedung jika terjadi hujan dengan durasi lama. Mereka khawatir longsor susulan dengan risiko  lebih buruk.

Budi Hariyadi berharap Pemkab Lampung Barat dan dinas terkait segera mengambil langkah penanggulangan. Ancaman longsor makin parah karena faktor curah hujan tinggi mulai Desember.

LILIANA PARAMITA
Posting Komentar

Posting Komentar

-->