pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Viral, Cleaning Service Racik Obat di RS Ryacudu Kotabumi

KOTABUMI (22/7/2024) – Seorang cleaning service merancik obat pasien Rumah Sakit Ryacudu Kotabumi, Lampung Utara. Kejadian hari Jumat, 19 Juli 2024, ini viral di media sosial dan mengundang reaksi pasien dan keluarganya.

Direktur RSUD Ryacudu Kotabumi Aida Fitria membenarkan seorang petugas cleaning service meracik obat pasien. Insiden itu merupakan kelalaian petugas apoteker usai menerima resep obat dari dokter. Manajemen rumah sakit sudah memanggil kepala apoteker dan petugas cleaning service.

Apoteker dan cleaning service melakukan kesalahan prosedur karena bekerja tidak sesuai SOP. Direktur Rumah Sakit Ryacudu akan memberikan sanksi. Aida Fitria sekaligus meminta maaf kepada pasien, keluarga dan masyarakat Lampung Utara atas kelalain tersebut.

Insiden obat racikan cleaning service itu menimpa pasien rawat jalan penyakit tulang bernama Najiah, usia 60 tahun, warga Kotabumi. Saat itu korban melakukan pemeriksaan kondisi  kesehatan tulang pipih akibat terjatuh. Ia ditangani dokter spesialis syaraf, Rabu 3 Juli 2024. 

Keluarga menerima resep obat dan bergegas mengambil obat tetapi tidak ada satupun petugas di ruangan farmasi Rumah Sakit Ryacudu Kotabumi. Seorang cleaning service di sana mengubungi apoteker dan mendapat arahan merancik obat sesuai resep dokter.

ADI SUSANTO
Posting Komentar

Posting Komentar

-->