pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Di Cukuh Balak, Ada Madrasah Tak Tersentuh Dana BOS

CUKUH BALAK (24/10/2017) – Letaknya memang jauh dari Ibukota Lampung. Madrasah itu berada  di Cukuh Balak, Tanggamus. Tetapi 81 siswi sekolah itu juga anak Indonesia,  yang seharusnya dibantu Pemerintah memperoleh pendidikan tingkat dasar.

Aktif sejak tahun 2014, madrasah berdiri karena tiadanya tempat pendidikan agama bagi anak-anak di Pekon Banjar Manis, Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus. 

Warga lalu bergotong royong mengumpulkan kayu-kayu tambalan untuk mendirikan madrasah, yang kini bernama Nurul Inayah itu. Karena dibangun apa adanya, setiap hujan tiba, para santri bubar. Atap bocor di sana sini.

Ada dua orang ustad yang mengajar di sana: Ustad Juweri dan Farzan Ajilan. Mereka memahami betul kondisi keuangan warga  sekitar.

Namun, mereka mengetahui betul bahwa sekolah tingkat dasar saat ini dibiayai oleh Pemerintah, baik lewat Departemen Pendidikan maupun Departemen Agama. Tetapi berkali-kali menyurati kantornya di Bandarlampung dan Kotaagung, bantuan tak kunjung tiba.

Ustad Juweri melihat minat anak-anak di Pekon Banjar Manis cukup besar untuk pendidikan agama. Dalam satu atau dua tahun ke depan, jumlah santri di sana bisa menjadi ratusan orang.

Ia berharap Pemerintah membantu kelayakan tempat pendidikan di madrasah tersebut. “Kami bukan meminta bantuan, tetapi mengingatkan Pemerintah  yang sudah menetapkan pendidikan gratis bagi pendidikan dasar,” katanya.

MAULANA  AS

0

Posting Komentar

-->