pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Banjir Rendam 15 Desa di Mesuji

MESUJI (27/11/2017)  -  Hujan terus-menerus  dalam sepekan terakhir membuat 15 desa di Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung,  terendam banjir. Ketinggian air mencapai  satu meter, terutama di permukiman sekitar Sungai Cambai.

Hingga Senin, 27 November 2017, lima belas desa yang terendam:  Desa Muara Asri, Tanjung Mas Mulya, Tanjung Mas Jaya, Tanjung Mas Makmur, Muara Mas, Tanjung Mas Rejo, Pangkal Mas, dan Pangkal Mas Mulya, Pangkal Mas Jaya, Sungai Cambai, Wonosari, Eka Mulya, Dwi Karya Mustika, Sritanjung dan Talang Batu.

Seribuan rumah warga, ribuan hektare sawah, dan peladangan seolah-olah menjadi sungai karena banjir itu.  Fasilitas umum, seperti musala, sekolah, puskesmas, dan kantor desa,  tak luput dari amukan banjir.

Curah hujan cukup tinggi di Mesuji dari pekan lalu. Pendangkalan Sungai Mesuji, maraknya penebangan liar di kawasan Register 45, dan makin menurunnya daya dukung lingkungan,  menjadi penyebab lain banjir saat hujan terjadi.

Ratusan warga meminta instansi terkait memberikan bantuan kepada korban banjir dan mencari solusi jangka panjang mengatasi banjir di wilayah mereka. Warga Sungai Cambai mengaku belum memperoleh bantuan dari Pemkab setempat. Pejabat hanya datang melakukan pengecekan.

Bupati Mesuji Khamamik mengatakan pihaknya bersama tim telah melakukan pengecekan ke desa-desa yang terendam banjir, seperti Desa Sungai Cambai dan Desa Talang Batu. "Sejauh ini kami telah berupaya untuk melihat ke desa-desa yang terendam banjir," katanya.

AGUS RAHARDJA

Posting Komentar

Posting Komentar

-->