pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Gula Aren Tanggamus: Banyak Untung di Pedagang

PUGUNG (28/1/2018) – Pekon Sukamaju, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, akhirnya berniat membuka bumdes untuk membantu menaikkan harga jual petani di daerahnya, terutama penderes dan pembuat gula aren.

“Selisih harga jual dari pembuat gula ke pedagang di Bandarlampung terlalu jauh. Bisa empat sampai lima ribu per kg,” kata Memet, Kepala Pekon Sukamaju.

Markapik, salah seorang penderes, mengatakan setiap menderes ia memperoleh 10 sampai 12 liter air aren. Jika dimasak menjadi gula antara 2 sampai 3 kg. 

Tini, pengolah gula aren yang lain di Pekon Sukamaju, mengatakan maksimal ia dan suaminya hanya bisa memproduksi sehari 6 kg. “Itu hasil deresan dua kali sehari,” katanya.

Gula tersebut, kemudian dijual Rp10.000 per kg alias menghasilkan uang Rp20 ribu sampai 60 ribu jika menderes.

Ros, penampung gula, lalu mengumpulkan gula sampai satu hingga satu ton setengah. Ia mengambil lagi Rp1.000 per kg, dijual di pasar Rp14.000 per kg. Pembeli, biasanya, datang langsung ke pengumpul.

Kepala Pekon Sukamaju Memet mengatakan Bumdes akan berupaya menaikkan harga jual gula aren di daerahnya dengan menerobos langsung pasar. “Petani kita hanya dapat lelahnya,” katanya.

AFNAN HERMAWAN

0

Posting Komentar

-->