pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Banjir Terjang Empat Kecamatan Lamtim

SUKADANA (26/2/2018) - Puluhan desa di empat kecamatan Kabupaten Lampung Timur, hingga Senin, 26 Februari 2018, masih terendam banjir akibat meluapnya Sungai Sukadana dan Way Bungur. Namun, pemerintah kabupaten setempat belum mengetahui secara pasti jumlah korban maupun kerugian material lainnya.

Tak ada laporan korban jiwa dalam kejadian akibat curah hujan tinggi sejak dua hari lalu itu.

Ratusan hektare sawah dikhawatirkan puso, sedangkan warga di wilayah Pasar Sukadana, Kecamatan Sukadana, harus dievakuasi karena ketinggian air mencapai 2 meter lebih. Warga mengungsi ke tempat yang telah disediakan aparat.

Banjir juga mengakibatkan sejumlah jalan tak bisa dilintasi, termasuk dua jembatan penghubung antar-desa dan kabupaten terputus. Pemkab Lampung Timur belum menentukan langkah perbaikan karena petugas masih mendata di lapangan.

"Ada dua jembatan di dua desa terputus, kita sedang pikirkan cara perbaikan supaya tidak menganggu aktivitas warga. Kerusakan lainnya juga sedang kita data berikut penanganannya," kata Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari.

Zaiful mengatakan, banjir di daerahnya hampir terjadi tiap tahun akibat meluapnya sungai. Yang jadi persoalan, penanganan sungai kewenangan Pemprov Lampung dan pemerintah pusat.

"Kita akan koordinasikan dengan pemprov dan pemerintah pusat supaya masalah tidak terjadi lagi," ujarnya.

Sekretaris Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putra mengklaim jumlah bantuan mencukupi untuk para korban. "Buffer stock kita cukup untuk semua korban," katanya.

BERIYAN HERMAWAN/BENNY ALIF
Posting Komentar

Posting Komentar

-->