pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Tinggi Banjir di Tulung Itik Capai Satu Meter

GUNUNG SUGIH (23/2/2018) – Hujan deras pada Kamis Malam hingga Jumat dinihari membuat Sungai Way Kalianda meluap dan menggenangi sejumlah desa. Hingga Jumat Sore, ketinggian air di Dusun Tulung Itik, Kelurahan Gunung Sugih, masih sekitar satu meter. Jalan yang melewati wilayah itu juga menjadi saluran air.

Pada Jumat Subuh, rumah yang terendam di sepanjang alur sungai tersebut mencapai puluhan rumah. Mulai surut menjelang Jumat. Namun di beberapa dusun, seperti Tulung Buyut, genangan bertahan sampai sore.

Banyak pengendara sepeda motor yang melewati kawasan itu menjadi mogok. Sabar, warga Trimurjo, misalnya, mengatakan tidak mengira ada banjir di Metro dan Gunung Sugih. Melewati Metro masih selamat, tetapi sampai di Tulung Itik, sepeda motornya mogok.

Nurdin, warga Tulung Itik, mengatakan dusun mereka sering banjir jika lama hujan lebih dari dua jam. Setiap sekali dua tahun warga di sana merasakan kebanjiran. Tapi Pemerintah tidak pernah meninggikan batas sungai atau mengeruknya.

Ia memperkirakan kerugian rata-rata rumah yang kebanjiran antara Rp5 sampai Rp6 juta. Selain ternak banyak hilang, barang-barang eletronik tidak bisa dipakai lagi atau minimal diservis.

SIGIT S

Posting Komentar

Posting Komentar

-->