pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Pendukung Samni Tuntut Pilbup Tanggamus Diulang

KOTAAGUNG (29/6/2018) - Sekitar 500 massa pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanggamus, Samsul Hadi-Nuzul Irsan (SAMNI), unjuk rasa ke kantor Komisi Pemilihan Umum setempat. Massa menuntut pemilihan kepala daerah diulang karena kinerja penyelenggara pemilu tidak memuaskan dan banyak kecurangan.

Masa bergerak dari posko pemenangan calon bupati-wakil bupati di Pekon Kota Batu, Kecamatan Kota Agung Timur menuju lapangan Pemkab Tanggamus, Jumat, 29 Juni 2019.  Mereka menggunakan  mobil dan sepeda motor longmarch sambil membentangkan spanduk desakan pilkada ulang. 

Saat di kantor KPU, Jumat, 29 Juni 2019, perwakilan massa menjemput Ketua KPU Otto Yuria Saputra dan meminta naik ke mobil. Otto diminta menjelaskan duduk persoalan pemilihan bupati dua hari lalu. 

Sebelum ketua KPU datang, wakil pengunjuk rasa berorasi dan membeberkan sejumlah temuan dugaan kecurangan. 

Koordinator aksi Herwan Rozali mengatakan, pihaknya akan turun lagi ke jalan dengan jumlah massa lebih banyak jika tuntutan tidak dipenuhi. Ia mengklaim memiliki banyak bukti kecurangan pilkada dari seluruh wilayah di Tanggamus. 

Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra saat menemui massa mengatakan, KPU netral tidak dan bila ada temuan dugaan pelanggaran disampaikan sesuai mekanisme yang berlaku.

"Bila ditemukan pelanggaran sampaikan ke panwaslu sebab KPU tidak bisa memproses bila tidak ada rekomendasi Panwaslu. Nanti juga ada pleno penghitungan suara, silakan bawa saksi dan bukti dugaan kecurangan," katanya. 

Aksi berjalan tertib, usai menyampaikan aspirasinya massa kembali ke posko pemenangan Samsul Hadi-Nuzul Irsan. 

AFNAN HERMAWAN
0

Posting Komentar

-->