pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Bocah Yatim Piatu dari Tulangbawang Idap Penyakit Mematikan

TULANGBAWANG (28/7/2018) - Haikal Saputra, bocah yatim piatu terbaring di Rumah Sakit Abdul Moeloek, Bandarlampung sejak sepekan ini. Ia menderita penyakit mematikan, leukemia. Penyakitnya baru diketahui sekarang setelah paman yang mengasuhnya curiga melihat kondisi bocah berusia 13 tahun itu berubah.

Pamannya, Sudiono, membawa Haikal ke Rumah Sakit Menggala, Tulangbawang, guna memeriksa penyebab penyakitnya. Fisik Haikal kian kurus sementara perutnya membesar. Setelah dari rumah sakit, tak ada perubahan. Pamannya membawa ke tabib, tapi tetap sama hasilnya.

Akhirnya mereka membawa ke RS Abdul Moeloek di Bandarlampung. Keluarga buruh deres karet itu kaget, dokter menyatakan siswa kelas 6 SD itu menderita leukemia dan harus dirawat segera. 

Sudiono tak ada pilihan lain. Warga Jalan Pahlawan, Talang Tembesu, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang itu tinggalkan pekerjaannya dan mendampingi Haikal tiap hari di rumah sakit.  

"Pamannya sejak saat itu bantu rawat Haikal di RS Abdul Moeloek di Bandarlampung," kata bibi Haikal, Ny Sundari, di kediamannya, di Menggala, Sabtu, 28 Juli 2018. 

Sundari mengatakan, ayah Haikal meninggal ketika putranya berusia dua tahun, kemudian saat berusia 4 tahun giliran ibunya meninggalkannya. 

"Selama ini kami yang merawat dia, tapi karena keluarga kami tak mampu, Haikal kami titipkan di Lembaga Amil Zakat Nasional Bandarlampung sambil bersekolah di sana," tutur dia. 

Lembaga itu pula sudah berjanji membantu pengobatan Haikal.  

Ny Haidah, bibi Haikal lainnya berharap ada bantuan dari pemerintah atau dermawan guna meringankan beban berobat di rumah sakit. "Keluarga kami hanya buruh. Semoga ada bantuan meringankan buat berobat Haikal," katanya.

ANTONY DAN DARSANI
0

Posting Komentar

-->