pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Bupati Lampung Selatan Zainudin, Agus, Kadis PU Tersangka

JAKARTA (27/7/2018) – KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka OTT pemberian fee proyek pekerjaan di Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan pada Malam Sabtu, 27 Juli 2018. Mereka masing-masing Bupati Zainudin Hasan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Anjar Asmara, Ketua Fraksi PAN di DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho, dan  pemilik CV 9 Naga, Gilang Ramadhan.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, setelah dilakukan gelar perkara dan  pemeriksaan 1x24 jam, KPK meningkatkan OTT Lampung Selatan ke tingkat penyidikan. "Diduga ada tindak pidana korupsi berupa pemberian hadiah atau janji kepada Bupati dan Kepala Dinas PUPR," katanya.

Basaria mengatakan Zainudin, Anjar Asmara, dan Agus Bhakti diduga menerima suap Rp700 juta dari Gilang Ramadhan agar ditunjuk menjadi pelaksana proyek infrastruktur di Lampung Selatan.

Keempat tersangka dan delapan lainnya tertangkap di sebuah hotel di Bandarlampung. KPK, kemudian, membawanya ke Polda untuk diperiksa. 12 jam kemudian, lima di antara mereka (dan Kepala Dinas Pendidikan Thomas Amriko) diangkut ke Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta.

Sesaat diperiksa di Polda, petugas KPK pada Jumat pagi pukul 08.00 menggeledah ruangan Zainudin Hasan. Dua jam kemudian, mereka membawa dua kardus dari kantor tersebut.  Hingga sore masih disegel. “Kuncinya dibawa KPK,” ujar seorang petugas Satpol PP.

Di KPK, setelah tiba pukul 13.37, Zainudin Hasan diperiksa mulai pukul 14.20, marathon hingga malam hari. Di tempat terpisah diperiksa Ketua Fraksi PAN DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Thomas Amriko, dan Kadis PU Anjas Asmara,  pengusaha kuliner Gilang Ramadhan.

Dalam laman KPK,  yang berisi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/), kekayaan Zainudin bertambah Rp11 miliar dalam waktu dua tahun. Pada 3 Agustus 2015, ia melaporkan harta 13,3 miliar, sedangkan pada 10 Juli 2013 hanya Rp2,3 miliar.

Laman itu mengungkap harta tidak bergerak Zainudin, yang berbentuk bangunan dan tanah,  sejumlah 60 unit,  yang berlokasi di Lampung Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Teluk Betung, dan Bandar Lampung, dengan taksiran nilai Rp 20,8 miliar.

Zainudin juga memiliki dua buah mobil bermerk Toyota Kijang Innova senilai Rp 475 juta, giro dan setara kas Rp779 juta. Piutang dalam bentuk pinjaman Rp3,6 miliar. Utang dalam bentuk pinjaman dan kredit Rp 12,3 miliar.

GELLY DAN DEDE AHMAD RIZKI

2

2 komentar

  • aditya.aulia139@gmail.com
    aditya.aulia139@gmail.com
    12 Juli 2019 pukul 20.25
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    28 Juli 2018 pukul 03.18
    KABAR BAIK!!!

    Nama saya Heni Purwaningsih, Alamat: perum pesona alam gunung anyar blok L7 No.44 sby Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu ke Anda dan menjanjikan ini dan itu, orang-orang menganggur, saya sarankan Anda semua untuk sangat berhati-hati

    beberapa bulan yang lalu, saya tegang secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali modal bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman daring. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang bernama Puji Astutik yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan yang disebut ibu Mariana Johnson, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar 350 juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2 %

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu Mariana melalui email: marianajohnson212@gmail.com

    dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memegang komandonya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: henipurwaningsih101@gmail.com
    dan teman saya Puji Astutik yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ibu Mariana, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Mariana, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: pujiastutik9600@gmail.com sekarang,

    yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran bulanan pinjaman saya yang saya kirim langsung ke akun ibu Mariana.

    mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua
    Reply
-->