pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Bupati Lampung Selatan Zainudin Mulai Diperiksa di KPK

JAKARTA (27/7/2017) – Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mulai diperiksa tim di Komisi Pemberantasan Korupsi Merah Putih Jakarta pada pukul 14.20. Adik Ketua MPR Zulkifli Hasan itu tiba di sana bersama lima orang lainnya pada pukul 13.37.

Ketua PAN Lampung itu memakai kemeja berwarna putih, lengan pendek, peci hitam, dan terus memasukkan tangannya ke saku celana panjang hitamnya. Ia sempat mengubar senyum kepada para wartawan dan terus naik ke lantai atas.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan Zainudin Hasan ditangkap bersama 12 orang lainnya dalam sebuah operasi tangkap tangan. Petugas mengamankan Rp700 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. “Terkait dengan proyek infrastruktur,” katanya.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dari 12 orang yang diperiksa di Polda Lampung, lima atau tujuh orang  dibawa ke Jakarta. "Nanti direncanakan sebagian (pihak yang terjaring OTT) akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta. Tim akan mempertimbangkan dari hasil pemeriksaan di Polda sejak tadi malam," katanya.

Selain Zainudin Hasan, Ketua Fraksi PAN DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Thomas Amriko, dan Kadis PU Anjas Asmara,  pengusaha kuliner Gilang Ramadhan juga tiba di KPK.  

Tiba dengan mobil yang terpisah, Kepala Dinas PU Lampung Selatan Anjas Asmara mengenakan jaket hijau bertuliskan HLWD. Ia menenteng tas berwarna ungu-hijau. Sedangkan Anggota DPRD Lampung Agus Bakti Nugroho terus menunduk.

KPK pada Jumat pagi juga menggeledah ruangan Bupati Lampung Selatan. Petugas membawa sejumlah berkas, masuk ke dalam kendaraan. Suasana di Kantor Pemkab tampak sepi. Begitu juga di rumah pribadi Zainudin Hasan. Sedangkan rumah dinas hanya ditunggui petugas. “Pak Bupati jarang ke sini,” kata seorang sekuriti.

Dalam laman KPK,  yang berisi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/), kekayaan Zainudin bertambah Rp11 miliar dalam waktu dua tahun. Pada 3 Agustus 2015, ia melaporkan harta Rp13,3 miliar, sedangkan pada 10 Juli 2013 hanya Rp2,3 miliar.

Laman itu mengungkap harta tidak bergerak Zainudin, yang berbentuk bangunan dan tanah,  sejumlah 60 unit,  yang berlokasi di Lampung Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bogor, Teluk Betung, dan Bandar Lampung, dengan taksiran nilai Rp 20,8 miliar.

Adik Ketua MPR Zulkifli Hasan itu juga memiliki dua buah mobil bermerk Toyota Kijang Innova senilai Rp 475 juta, giro dan setara kas Rp779 juta, piutang dalam bentuk pinjaman Rp 3,6 miliar, utang dalam bentuk pinjaman dan kredit Rp 12,3 miliar.

GELLY, PANDAWA AF, DEDE AHMAD RIZKI

0

Posting Komentar

-->