pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Petani di 4 Desa Pesawaran Terancam Kelaparan

WAY KHILAU (27/7/2018) -  Petani tersebar di empat desa di Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran, terancam gagal panen karena tanaman padi mereka seluas 500 hektare kekeringan. Tanaman berusia 0 sampai 25 hari itu bakal mati jika tidak turun hujan dalam waktu sepekan mendatang.

"Petani hanya berharap turun hujan paling lambat 15 hari, jika tak ada, sawah di sini bakal kering dan tanaman mati," kata petugas Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian Kecamatan Way Khilau, Samsu Rijal, Jumat, 27 Juli 2018.

Samsu menjelaskan, area sawah yang kekeringan terjadi di Desa Gunung Sari seluas 150 hektare, Mada Jaya 200 hektare, Kota Jawa 70 hektare, dan Desa Penengahan 80 hektare.

Ketua Gapoktan Desa Mada Jaya Hamim menambahkan, petani setempat hampir tiap tahun kesulitan mendapatkan air akibat sumber air yang ada  diambil perusahaan daerah air minum. Air itu juga disalurkan ke Kabupaten Pringsewu. 

"Kami minta pertanggungjawab pemerintah pusat dan daerah supaya segera menyelesaikan persoalan ini. Sumber air petani diambil dan kami yang kelaparan," katanya. 

HARNO IRAWAN

Posting Komentar

Posting Komentar

-->