pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Pringsewu Memotivasi Warga dengan Kuda Lumping

PRINGSEWU (29/8/2018) - Kabupaten Pringsewu menggelar festival kuda lumping, diikuti 25 peserta dari seluruh kecamatan di daerah itu. Festival tahunan ini memasuki tahun ketiga, untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Acara digelar di alun-alun Pekon Tulung Agung, Kecamatan Gadingrejo, Rabu, 29 Agustus 2018.

Safril Saleh Ketua Pantia Pelaksana mengatakan, Festival Kuda Lumping diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pringsewu, dikaitkan peringatan HUT RI dengan prinsip meriah dan melibatkan masyarakat

"Dari festival ini kita berharap memotivasi kaum muda lebih mengenal warisan budaya. Meningkatkan kepedulian masyarakat dan mempopulerkan Kabupaten Pringsewu menjadi tujuan budaya dan seni kuda lumping," katanya.

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya mengatakan, di daerah itu banyak kelompok kesenian kuda lumping, tersebar di 131 pekon dan kelurahan di 9 kecamatan. Bahkan dalam satu pekon ada lebih 1 grup kuda Iumping.

"Ini berarti di Kabupaten Pringsewu terdapat ratusan grup kuda Iumping. Bisa dibayangkan Pringsewu ini kaya budaya daerah. Belum lagi beberapa kesenian daerah lain," katanya.

Sujadi minta hadiah pemenang festival mulai tahun 2019 bertambah untuk memotivasi peserta. "Hadiahnya ditingkatkan lagi jangan hanya tropi juga ada pakaian kuda lumping kalau perlu alat-alat yang dibutuhkan grup kuda lumping," ujarnya.

EPRIZAL
Posting Komentar

Posting Komentar

-->