pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Tikus dan Virus Serang Ratusan Hektar Tanaman Padi Lampung Barat


KEBUN TEBU  (27/11/2018) – Ratusan hektar tanaman padi di Pekon Muarajaya II, Kecamatan Kebun Tebu, Lampung Barat diserang tikus dan virus, Selasa, 27 November 2018. Akibatnya, tanaman yang berumur sekitar dua bulan itu gagal panen.

Selain diserang tikus, virus yang belum ditemukan obanya juga menyerang tanaman padi milik para petani. Bakteri itu menyerang bagian akar sehingga tanaman padi tidak sehat dan tidak mampu berbuah. “Kalau virusnya menyerang akar. Kita belum nemeukan obatnya,” kata salah seorang petani padi Arpendi Sanusi.

Menurut Arpendi, serangan tikus dan virus itu sudah berlangsung selama dua tahun belakangan ini. Padi yang di tanam mati dan membusuk terserang penyakit dan serangan tikus. “Harapannya ada bantuan obat dan solusi lain dari pemerintah,” ujarnya.

Kabid Tanaman Pangan Lampung Barat Cik Agus mengatakan, setelah mendapat laporan dari petani pihaknya langsung bertindak dengan mendatangi lokasi serta memberikan bantuan obat. “Sudah dua hari lalu, nanti juga ada petani yang kesini,” kata Cik Agus.

AHMAD IKOTRI DAN LILIANA P
Posting Komentar

Posting Komentar

-->