pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Ribuan Calon Mahasiswa Tes Masuk UIN Lampung


BANDARLAMPUNG (28/5/2019) - Sebanyak 5.429 orang calon mahasiswa baru berebut untuk masuk Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Mereka mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di kampus setempat, Selasa, 28 Mei 2019.

Mereka mengikuti kelompok ujian terdiri dari IPA sebanyak 147 orang, IPS sebanyak 4.745 dan IPC sebanyak 797 orang. Para calon mahasiswa itu tampak antusias mengikuti ujian baik berbasis manual maupun lewat teknologi.

Wakil Rektor 1 UIN Raden Intan Lampung, Syamsuri Ali, mengatakan, UM-PTKIN terbagi dalam dua sistem seleksi, yakni ujian menggunakan manual tertulis menggunakan kertas dan sistem ujian menggunakan sistem elektronik atau komputer.

"Setelah tes ini peserta akan terseleksi berdasarkan nilai ranking nasional sesuai dengan kuota UIN di UM-PTKIN sekitar 2.500 orang," kata Syamsuri disela-sela meninjau ujian.

Salah seorang peserta ujian dari Lampung Selatan, Ayu Nurjanah, mengaku memang sangat minat untuk kuliah di UIN. Dia berharap bisa masuk dengan nilai yang bagus. “Saya baru pertama kali tes, perasaannya ya deg-dekan. Harapannya lulus dengan nilai yang baik,” kata Ayu.

Pengawas UM-PKIN dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia, Ratnasari Nurhayati Yusuf, mengatakan selama pelaksanaan ujian berjalan lancar tidak ada hambatan. Kesiapan pihak kampus juga sudah cukup baik.

JUHARSYAH ISKANDAR

0

Posting Komentar

-->