pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Letusan Gunung Tangkuban Perahu Bisa Sepekan

BANDUNG (26/7/2019) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, PVMBG, memperkirakan letusan Gunung Tangkubang Perahu, Jawa Barat, bisa berlangsung sepekan. Erupsi dan penyebaran debunya mirip Oktober 2013.

Gunung aktif yang dapat dilihat dari jarak dekat itu meletus pukul 15.48 WIB, Jumat Sore, 26 Juli. Lewat twitter, PVMG mencatat kolom abu setinggi 200 meter. Berdampak ke area sekitar 4 km, termasuk menghujani Lembang dengan debu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB) yang pertama mengekspos  letusan gunung setinggi 2.284 meter itu lewat twitter. Erupsi Tangkuban Perahu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 milimeter dan durasi sekitar lima menit 30 detik.

Kepulan asap dari Kawah Ratu Gunung  sudah terlihat dan terus diamati sejak Selasa 21 Juli. Petugas mencatat tercatat 425 kali gempa hembusan .

PVMBG mencatat Tangkuban Perahu  meletus hebat pada Tahun 1829, dengan erupsi selama tiga hari tiga malam. Sejak saat itu letusan yang muncul hanya freatik kecil-kecil.

Hingga pukul 19.00 malam Sabtu, petugas masih mengevakuasi sejumlah wisatawan yang berkunjung. PVMBG mengimbau warga tidak menginap di areal satu setengah km sekitarnya.

DEDI MULYADI

Posting Komentar

Posting Komentar

-->