pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Misteri Batu Bersusun Rapi di Hutan Tanggamus

BULOK (30/8/2019) - Batu-batu seperti berusia kuno dan sulit menghitung umurnya tersusun rapi tapi menjadi bekas puing reruntuhan. Berada di hutan dan kebun milik warga di perbatasan Pekon Gunungterang dengan Sukamara, Kabupaten Tanggamus. Berada di tengah kali tapi tak ada airnya karena saat ini kemarau. Untuk mencapai batu itu harus berjalan kaki lagi sejauh 2 kilometer dari pemukiman terdekat.

Misjak, warga Gunung Terang yang biasa mengantarkan pengunjung ke tempat itu, menuturkan, Jumat, 30 Agustus 2019, banyak yang datang tapi kalangan tertentu. Berasal dari berbagai daerah terutama Pulau Jawa. Biasanya mereka datang pada malam hari kemudian bertapa.

"Dari cerita mereka yang datang, katanya di sini ada candi tapi tertutup tabir. Harus dibuka dengan menyiramkan air," kata dia.

Kepala Pekon Sukamara Nopri Afrizal mengatakan, banyak cerita mistis dan dongen seputar batu itu. Ada yang menyebutnya tempat penyimpanan harta karun saat zaman Presiden Sukarno.

Retno Noviana Damayanti, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Tanggamus dan Camat Bulok Ristika Trianita mengunjungi tempat tersebut bersama rombongan.

Retno mengatakan, pihaknya akan mengundang tim ahli dari Bandung untuk meneliti batu tersebut agar bisa diketahui informasi sebenarnya.

AFNAN HERMAWAN

2 komentar

2 komentar

  • Anonim
    Anonim
    12 Mei 2022 pukul 19.39
    Libatkan Penelitian dengan Masyarakat Adat dan Pemerintah Lokal Lampung.

    Tanah Lampung kaya akan Sejarah dan Budaya tapi amat disayangkan seolah Lampung tertinggal oleh ketidakpedulian dan acuhnya Pemerintah Daerah Lampung terhadap pentingnya pengenalan Sejarah Peradaban Nenek Moyang Bangsa
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    31 Agustus 2019 pukul 22.18
    Tempat kkn ku
    Reply
-->