pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Melihat Peternakan Lebah Liar di Pesisir Barat


PESISIR SELATAN (28/12/2019) – Masyarakat Pekon Tanjungsetia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat ada yang beternak lebah liar. Awalnya dia melakukan percobaan-percobaan dan akhirnya berhasil.

Madu merupakan cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah (Genus Apis) dari nektar bunga dan rasanya manis. Jika lebah madu sudah berada dalam sarang, nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama lebah lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Yayat, salah seorang petani lebah menggunakan media Glodok, nama tempat penangkaran atau kandang pemancing. Apabila glodok sudah ada koloni lebah, maka akan dipindahkan koloni lebah tersebut kekandang yang  lebih baik.

Saat ditemui Jumat, 27 Desember 2019, Yayat mengatakan, memulai usahanya itu sejak tahun 2010. Namun beberapa kali sempat mengalami kegagalan. Pada tahun 2013 -2014, Yayat sudah mulai menemukan hasilnya.

Akibatnya, sejumlah orang baik dari Pesisir Barat maupun kabupaten lain melakukan penelitian di tempat Yayat. Mereka ada yang tertarik untuk mengembangkannya di daerhanya masing-masing.

YUAN ANDESTA

0

Posting Komentar

-->