pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Lampung Utara: Begawi 4 Hari Demi Cucu Tercinta

KOTABUMI (27/1/2020)  - Irham Jafar Lan Putra Gelar Suttan Rajo Seketei melaksanakan Begawi Cakak Pepadun di kediamannya,  di Jalan Taman Siswa, Kampung Baru, Kotabumi, Lampung Utara. Digelar selama 4 hari,  begawi dilaksanakan untuk memperoleh gelar sekaligus khitanan cucunya, M. Abiyu Lan Putra.

Begawi Cakak Pepadun merupakan upacara adat masyarakat Lampung Abung Mergo Nunyai untuk memberikan gelar adat kepada seseorang. Dalam pelaksanaannya, kedua putra Irham Jafar Lan Putra terlibat dalam prosesi: Adi Perdana Hadi Putra dengan gelar Suttan Pusako Rajo dan Andriano Dwiki Agusta dengan gelar Suttan Rajo Bangsawan. Sang cucu yang dikhitan juga kini berjuluk Rajo Sepahit Lidah.  

Hadir dalam acara itu  Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, mantan Wakil Gubernur, pengusaha Faishol Djausal, budayawan Anshori Djausal, mantan Bupati Lampung Utara Zainal, para petinggi dan tokoh adat Lampung Utara.

Irham Jafar Lan Putra menyadari begawi tidak mudah. Selain berbiaya besar, memerlukan kesepatan berbagai pihak, juga waktu yang tidak sedikit. Namun ia berbangga melanjutkan tradisi dan budaya Lampung.

EVICKO GUANTARA

Posting Komentar

Posting Komentar

-->