pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Bendungan Jebol, 350 Hektare Sawah Tak Terairi di Pesawaran

WAY KHILAU (28/11/2022) -  Setidaknya 350 hektare sawah di Tanjung Kerta, Kota Jawa, Pesawaran, terancam gagal panen gara-gara bendungan di Desa Padang Cermin, Way Khilau, kabupaten setempat, dijebol banjir bandang dan belum diperbaiki hingga akhir November 2022.

Dalam sepekan terakhir, para petani berusaha gotong royong, untuk mengumpulkan batu dan pasir di sekitar bendungan dan menambal bangunan yang jebol. Namun perbaikan secara tradisional itu belum membuahkan hasil untuk mengalirkan sungai ke Tanjung Kerta.

Muhkrozi, Salah seorang ketua kelompok Tani pengguna Air Way Khilau, mengatakan jebol bendungan di Padang Cermin diketahui oleh banyak pihak,  mulai dari Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan Pemprov Lampung. Namun, belum tindakan dari keduanya hingga akhir November.

Sumara, Ketua DPD Lipan Pesawaran, mengatakan, kalaupun Pemkab dan Pemprov belum bisa membangun kembali bendungan jebol, ia meminta keduanya mengirim alat berat untuk membantu petani menutupi bangunan yang rusak agar persawahan warga tetap produktif.

PIYAN AGUNG
0

Posting Komentar

-->