pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Rel Longsor, 1.500 Pemudik Kereta Api Lampung Gagal Pulang

BANDARLAMPUNG (28/4/2023) -  Setidaknya 1.500 pemudik arus balik dengan kereta api dari Bandarlampung ke Sumatera Selatan, Jumat 28 April 2023,  batal berangkat karena rel kereta ambelas di Kilometer 206, antara Stasiun Gilas  dengan Sepancar,  Sumatera Selatan, pukul 23.00, malam harinya.

Plt humas PT KAI IV Tanjungkarang, M Reza Fahlepi dan Kepala Stasiun Kotabumi Bayu Prayitno, menyebut ambelasnya rel di Kilometer 206 membuat perjalanan Kereta Api Ekspress Rajabasa Tanjungkarang - Kertapati dan Kuala Stabas Tanjungkarang - Baturaja tidak dapat melintas.

Pembatalan perjalanan kereta api tersebut membuat KAI membatalkan empat perjalanan: Kereta Api Kuala stabas, S6,  relasi Tanjungkarang- Baturaja, S5, relasi Baturaja-Tanjungkarang,  jurusan Rajabasa, S12, relasi Tanjungkarang-Kertapati dan S11 relasi Kertapati - Tanjungkarang. 

Datang pada pagi hari pada Jumat, 28 April 2023, di Stasiun Kereta Api Tanjungkarang, ribuan penumpang pecah atas berbagai opsi, mulai dari menunggu kabar, siapa tahu bisa berangkat siang, mencari angkutan lain untuk pulang ke Sumatera Selatan, menunda keberangkatan, dan mencairkan tiket.

Feri, salah seorang penumpang kereta api jurusan Tanjungkarang – Palembang, mengatakan memilih menunda kepulangannya. Meskipun kecewa tidak bisa tiba di Sumatera Selatan, ia memaklumi keadaan, karena akibat rel longsor.

M Reza Fahlepi dan Bayu Prayitno menyebut tiket yang terlanjur dibeli bisa ditukarkan di stasiun kereta api pemberangkatan, dengan batas waktu tiga hari.

Hingga jelang Shalat Jumat, masih banyak calon penumpang arah Sumatera Selatan menunggu di Stasiun Tanjungkarang, dengan berharap perbaikan rel yang ambelas cepat selesai.

Kepala Stasiun Kotabumi Bayu Prayitno memperkirakan petugas akan selesai menangani rel kereta api yang ambelas pada sore hari.

Karena belum ada update hingga usai Jumat, suasana di Stasiun Tanjungkarang dan Kotabumi mulai sepi. Calon penumpang diduga memastikan memakai kereta api setelah ada kepastian jalur rel yang ambelas sudah diperbaiki.

ARI IRAWAN DAN ADI SUSANTO
Posting Komentar

Posting Komentar

-->