pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Pesisir Barat: BTS Kominfo Lemot, Sinyal Hanya Sejam

BENGKUNAT (26/5/2023) -  Sinyal lemot di Way Haru, Bandar Dalam, Siring Gading, dan Way Tiyas, Bengkunat, Pesisir Barat mulai menjadi pembicaraan warga, karena hanya bisa dipakai pada pukul 22.00 hingga 23.00 malam atau sejam sehari setelah diresmikan Bupati setempat, Agus Istiqlal, 20 Januari lalu.

Selain banyak cibiran di media sosial, seorang warga menyebut sinyal dari BTS atau Base Transceiver Station, hanya bagus pada saat diresmikan. Ia menduga sinyalnya dibawa pulang oleh Bupati setelah peresmian.

Sutrisno, yang bertempat tinggal sekitar 50 meter dari lokasi BTS mengatakan ia dan keluarganya malah lebih sering ke gunung untuk mencari sinyal liar. Jika mengandalkan di lingkungannya, pesan atau data baru terkirim setengah hari atau paling cepat sejam.

Peratin Siring Gading, Bengkunat, Pesisir Barat, Rohman, mengakui Kominfo membangun 4 BTS pada Agustus 2022 dan diresmikan Bupati Agus Istiqlal pada 20 Januari 2023.

Rohman juga mengakui banyaknya cibiran warga atas lemotnya sinyal di kawasan tersebut. Pada awalnya, ia mengira, karena BTS dibangun untuk ponsel mahal berbasis 5G, sementara warga rata-rata memiliki handphone murahan.

Kepala Diskominfotik Pesisir Barat, Suryadi, mengakui pembangunan keempat BTS tersebut dan peresmiannya pada Januari 2023. Namun, ia baru mengetahui sinyal lemot dan meminta koordinasi dulu dengan Departemen Kominfo di Jakarta.

Selain sinyal lemot, kawasan ini memang masih menjadi daerah terisolir, karena jalannya yang jelek. Beruntung pada Kamis, 25 Mei 2023, cuaca cerah, sehingga bisa dilalui roda dua. 

Pada musim hujan, kawasan ini hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Kerbau pun bersusah payah membawa barang, karena tebalnya lumpur menuju Way Haru, Bandar Dalam, Siring Gading, dan Way Tiyas,

YUAN ANDESTA
Posting Komentar

Posting Komentar

-->