pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Puskesmas Gunungsari Tanggamus Dibangun Lebih Megah

ULUBELU (31/5/2023) – Bupati Tanggamus Dewi Handajani meresmikan Puskesmas Rawat Inap Gunungsari di Kecamatan Ulubelu, Selasa 30 Mei 2023. Puskesmas ini dibangun kembali lebih megah dengan anggaran Rp4 miliar.

Peresmian Puskesmas Rawat Inap Gunungsari diawali dengan pentas tari sekapur sirih, pengguntingan pita, dan sambutan Bupati Dewi Handajani. Acara dihadiri wakil bupati, kepala Dinas Kesehatan, Forkopimda, camat, kepala pekon, dan tokoh masyarakat.

Fasilitas kesehatan ini semula berstatus puskesmas pembantu (pustu). Pemerintah kembali membangun pustu menjadi Puskesmas Rawat Inap dengan APBD Lampung 2022 sebesar Rp4,09 miliar.

Bupati berharap Pemprov Lampung juga mengalokasikan anggaran kelengkapan sarana prasarana seperti pagar hingga peralatan medis. Pemkab Tanggamus juga merencanakan program dan anggaran tambahan. Peralatan dengan anggaran besar mengandalkan bantuan provinsi dan pemerintah pusat.

Sumber daya manusia Puskesmas Gunungsari sebanyak 26 orang tetapi masih kekurangan dokter gigi dan farmasi. Masyarakat Ulubelu tidak perlu berkecil hati. Meski tinggal di pelosok, warga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik termasuk rawat inap.

Dewi Handayani mengingatkan pelayanan kesehatan responsif, cepat, dan tepat. Pelayanan kesehatan ini tanpa biaya alias gratis. Petugas Puskesmas Gunungsari mengedepankan pelayanan ramah, amanah, tegas, dan unggul.

Sebanyak 20 kecamatan di Tanggamus memiliki 26 puskesmas berstatus 18 puskesmas rawat inap dan 8 non rawat inap. Sejumlah kecamatan seperti Ulubelu memiliki dua puskesmas di Wayngarip dan Gunungsari.

AFNAN HERMAWAN
0

Posting Komentar

-->