pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Ribuan Warga Blitarrejo Hadiri Pagelaran Wayang Ki Supardi

GADINGREJO (23/7/2023) -  Ribuan warga Pekon Blitarrejo, Gadingrejo, Pringsewu, menghadiri pagelaran Wayang Kulit, dalam rangka Bersih Desa, dengan Lakon Wahyu Katentereman, yang dibawakan Dalang Ki Supardi Romo Putro dari Ambarawa, pada malam Minggu, 22 Juli 2023.

Diawali dengan penyerahan Lakon Wayang dari Kepala Pekon Blitarrejo, Prayitno, kepada Ki Supardi Romo Putro, pagelaran wayang  juga disaksikan oleh Camat Gadingrejo, Ketua Apdesi M. Nurdin dan Darwanto, petinggi Pekon setempat, perwakilan dari Polsek, Koramil, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Sejak awal hingga dinihari, ribuan warga Pekon Britarrejo tidak beranjak dari tempat duduk masing-masing saat Ki Supardi Romo Putro membawakan wayang yang sarat dengan nasehat, petuah, dan diwarnai jenaka.

Kepala Pekon Blitarrejo Prayitno mengatakan pagelaran wayang dilaksanakan untuk acara Bersih Desa, yang sekaligus untuk mendekatkan diri dengan warga, baik dengan kepala pekon atau aparatur lainnya.

Prayitno mengatakan Pekon memilih wayang sebagai acara Bersih Desa karena merupakan budaya turun-temurun, yang harus dilestarikan. Lewat sarana ini, warga mengharapkan keselamatan, kebersihan, dan perlindungan dari Allah.

Lakon Wahyu Katentrenan Atau  Berkah Kedamaian dilambangkan seorang Kesatria Anak Pandawa bernama Abimanyu, yang berjuang untuk mendapat wahyu agar rakyatnya hidup dalam kedamaian.

PIYAN AGUNG
Posting Komentar

Posting Komentar

-->