pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Basarnas Lampung Simulasi Penyelamatan di Bangunan Runtuh

NATAR (31/8/2023) – Basarnas Lampung menggelar silaturahmi dengan potensi SAR dan simulasi Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR) di shelter Kantor Basarnas Lampung, Kamis 31 Agustus 2023.

Simulasi CSSR dihadiri Dandenzibang Lampung Letkol Czi Janu Hendarto, Ketua Forum Rescue Relawan Lampung Aris Gibrant, BPBD kabupaten-kota, Mapala Unila, Kwarcab Bandarlampung dan Lampung Selatan. Ada juga unsur perusahaan perkebunan, tambang, dan PKBI Lampung.

Silaturahmi dibuka Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah dengan sambutan kegiatan hari ini dalam rangka peningkatan koordinasi dan kolaborasi untuk kesiapsiagaan dan penyelamatan. Semua pihak berkomitmen merapatkan barisan menghadapi situasi kedaruratan dalam situasi sesulit apapun.

Basarnas Lampung menampilkan simulasi penyelamatan pada bangunan runtuh atau dikenal dengan Collapsed Structure Search and Rescue(CSSR). Rescuer Basarnas Lampung bergabung dengan beberapa potensi SAR terdiri Satbrimob dan Ditsabhara Polda Lampung serta Forum Rescue Relawan Lampung.

Simulasi menggunakan peralatan Rescue Truck Basarnas, Rantis Rescue Satbrimob Polda Lampung, K12, Door Opener, Search Cam, dan peralatan urban SAR.

Deden Ridwansah mengatakan simulasi CSSR  menunjukkan cara penanganan  korban di reruntuhan bangunan, jenis peralatan, dan mekanisme atau SOP di lapangan. Simulasi berjalan baik berkat soliditas dan sinergitas Rescuer Basarnas dengan beberapa potensi SAR.

ADHE KOLA
0

Posting Komentar

-->