pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Bukit Jati Sumberrejo, Pagelaran, Pringsewu, Terbakar

PRINGSEWU (26/8/2023) -  Setidaknya 5 hektare lahan pohon jati di Bukit Sumberrejo, Pagelaran, Pringsewu, terbakar dari pukul 16.00 sore, Jumat, 25 Agustus, hingga malam dan diniharinya. Sebagian api masih tampak pada Sabtu, 26 Agustus 2023. 

Tukiren dan Supriyawan, warga sekitar, mengatakan, pada awalnya hanya sebagian warga yang mengetahui ada kebakaran, karena mengira asap biasa. Begitu melihat api membesar, terutama pada malam hari, warga beramai-ramai memadamkannya.

Ketua RT 3 RW 1, Pekon Sumberrejo, Siswanto, mengatakan mobil pemadam kebakaran sempat tiba di lokasi. Namun, karena lokasi api di bukit, petugas hanya bisa membantu manual bersama warga memadamkan api.

Siswanto menyebut Bukit Sumberrejo milik banyak warga, yang bertempat tinggal di daerah sekitar atau luar Pekon. Umumnya menanam pohon Jati dan cokelat di sana.

Untuk sementara, Ketua RT itu menduga api berasal dari kebun seorang warga, yang hendak membersihkan kebunnya dari rumput dan daun kering, tanpa menyadari terbawa angin, membakar tanaman jati dan cokelat kawasan sekitar.

Kanit Reskrim Polsek Pagelaran Bripka Aswin Andriyanto membenarkan kebakaran. Pihaknya sempat ke lokasi dan pulang dinihari setelah api padam.

PIYAN AGUNG
Posting Komentar

Posting Komentar

-->