pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Bupati Tanggamus Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri

PULAUPANGGUNG (24/8/2023) – Bupati Tanggamus Dewi Handajani meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kantor Camat Pulaupanggung, Kamis 24 Agustus 2023. Mesin ini mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kependudukan.

Peluncuran mesin Anjungan Dukcapil Mandiri dihadiri Wakil Bupati AM Syafi’i, Kadisdukcapil Lampung Achmad Saefullah, Kadisdukcapil Tanggamus Maradona, sekretaris BPKAD, Ketua TP PKK Sri Nilawati, camat, dan kepala pekon.

Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri digunakan mencetak dokumen kependudukan seperti KTP elektronik, kartu ibu anak, kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian, SKPWNI, dan lain-lain. Mesin ini ditempatkan di Kecamatan Pulaupanggung.

Kadisdukcapil Tanggamus Maradona menyatakan inovasi mesin ADM ini dirancang khusus untuk masyarakat Tanggamus agar dapat mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan tanpa diskriminatif. Pencetakan dokumen kependudukan menggunakan QR code.

Warga kecamatan Pulaupanggung, Ulubelu, Sumberejo, dan Air Naningan mulai hari ini dapat mengakses Anjungan Dukcapil Mandiri. Keperluan cetak KTP elektronik, kartu keluarga dan lain-lain tidak perlu pergi jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil Tanggamus di Kotaagung.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri dengan pengguntingan pita. Ketersediaan mesin ini mendukung gerakan masyarakat Indonesia sadar adminduk di Tanggamus. Mesin ADM diharapkan segera terpasang di kecamatan lainnya terutama wilayah jauh dari ibukota kabupaten.

Sementara Kadisdukcapil Lampung Ahmad Saefullah mengapresiasi terobosan Disdukcapil Tanggamus atas penempatan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di wilayah kecamatan. Kebijakan ini layak ditiru kabupaten atau provinsi lain.

Selain pelayanan adminduk lebih mudah dan cepat, mesin Anjungan Dukcapil Mandiri juga dapat menghindari pungutan liar.

AFNAN HERMAWAN
Posting Komentar

Posting Komentar

-->