pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Kapal Kargo Terbakar di Perairan Teluk Lampung

BANDARLAMPUNG (24/9/2023) -  Sebuah kapal kargo terbakar di Perairan Tarahan, Lampung Selatan, pukul 08.30, Minggu, 24 September 2023. Setidaknya 26 awak berhasil diselamatkan. Saat itu mereka berencana hendak menuju Pelabuhan Panjang.

Kepala Basarnas Lampung Deden Ridwansyah mengatakan kabar Kapal MV Samudera Sakti 3 terbakar. Tanker dalam kondisi kosong. Membawa 24 ABK dan 2 vendor.

Bersama KSOP Panjang, Polairud Polda Lampung, petugas Pelabuhan Tarahan, PT Bukit Asam, PT Sumber Indah Perkasa, PT Lintas Maritim Indonesia,  dan Indonesia Escorting Ambulance atau IEA, Basarnas melakukan penyelamatan mulai pukul 09.29.

Tim Gabungan mengerahkan 3 kapal tunda untuk memadamkan api di bagian buritan dan kamar mesin. Masing-masing TB Alpin Merin 20, TB Aria Citra VII,  dan TB AJ 1.

Sekitar pukul 10.52, Tim SAR Gabungan mengevakuasi 26 personal. Tujuh di antaranya ke RIB 3 Basarnas Lampung, 19 lainnya ke TB Alpin Marin 20. Hanya satu dari mereka yang luka bakar. Ia bernama Slamet Jumari dari bagian Engineer.

Menjelang pukul 11.33, RIB 3 Lampung dan TB Alpin 20 membawa seluruh awak dan penumpang kapal menuju Dermaga Deltong Bukit Asam, dan setelah itu konsentrasi memadamkan api.

Deden menyebut evakuasi awak kapal berlangsung hingga pukul 15.00 dan berkoordinasi dengan Agen PT Lintas Maritim Indonesia dan Otoritas Pelabuhan.

Petugas SAR Gabungan masih melakukan proses pendingin kapal hingga menjelang magrib. Deden memastikan petugas sudah berhasil mengendalikan api.

ARI IRAWAN DAN ADE CIPTA
0

Posting Komentar

-->