pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

10 Hektare Perkebunan Warga Terbakar di Bumi Ayu, Pringsewu

PRINGSEWU (29/10/2023) -  Setidaknya 10 hektare lahan akasia dan karet terbakar di Pekon Bumi Ayu, Pringsewu, pukul 15.30, Minggu Sore, 29 Oktober 2023. Api baru berhasil dipadamkam pukul 19.30, malam harinya, karena lahan berada di perbukitan.

Kiswoto, warga Pekon Bumi Ayu, mengatakan api berasal dari bagian tengah bukit, yang menjalar lewat dedaunan kering ke daerah sekitarnya. Selain menyiram dengan air, petugas memadamkannya dengan mengisolasi api, hingga tak merembet ke lahan yang lain.

Dalam video yang direkam oleh warga dan petugas, pada awalnya, api bergerak pelan di bagian tengah. Setelah sore, kobarannya dibawa angin ke perkebunan warga. Api tidak hanya melumat ilalang, tetapi tanaman perkebunan.

Danru Damkar Pringsewu Agus Purnomo menyebut lahan terbakar tidak jauh dari Tempat Pembuangan Sampah TPA milik Pemkab Pringsewu. Mereka berusaha keras mengisolasi kawasan tersebut, karena jika merembet ke TPA, kobaran apinya bisa berlangsung lama.

Agus Purnomo juga menyebut pihaknya menerjunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi. Mereka berada di sana hingga malam hari, untuk memastikan api tidak meluas ke TPA dan permukiman sekitar.

PIYAN AGUNG
Posting Komentar

Posting Komentar

-->