pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Ambrol, Jembatan Sukanegara Lampung Tengah Mangkrak

BANGUNREJO (23/10/2023) – Jembatan Sukanegara, Kecamatan Bangunrejo, Lampung Tengah, ambrol akibat termakan usia sejak April 2023. Kondisi jembatan hingga kini mangkrak karena tidak segera diperbaiki.

Jembatan Sukarenaga menghubungkan wilayah Kecamatan Bangunrejo menuju Padangratu dan ibukota Kabupaten Lampung Tengah. Jalur ini menjadi akses utama transportasi, distribusi logistik dan hasil bumi serta perekonomian masyarakat.

Jembatan Sukanegara dibangun melintasi Sungai Way Tipo sejak 1982. Badan jembatan ambrol seluas dua kali tiga meter. Lubang menganga ini memakan setengah badan jembatan. Dinding jembatan juga longsor sehingga menambah kerawanan jembatan runtuh.

Sejak ambrol hingga sekarang belum diperbaiki sehingga kondisi jembatan mangkrak. Karena jalur ini merupakan akses utama lintas kecamatan, warga membuat jalur darurat dengan memasang anyaman bambu sebagai pelapis sehingga jembatan bisa dilewati kendaraan roda dua.

Warga berharap Pemkab Lampung Tengah segera memperbaiki Jembatan Sukanegara mengingat pentingnya jalur ini sebagai akses pertanian, perdagangan, dan perekonomian.

Kepala Kampung Sukanegara Purwanto, Senin 23 Oktober 2023, mengungkap ambrolnya jembatan sejak April lalu. Jembatan rusak akibat termakan usia. Bagian sayap jembatan juga longsor karena terkikis air hujan. Warga dan pemerintah kampung berharap jembatan segera diperbaiki.

Kerusakan jembatan di jalur utama Kecamatan Bangunrejo menuju ibukota kabupaten ini tidak bisa dilewati mobil. Kendaraan roda empat dialihkan ke jalan alternatif lewat persawahan. Mobil dilarang membawa muatan berat.

SIGIT SANTOSO
Posting Komentar

Posting Komentar

-->