pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Di Pringsewu, PKH Disetop karena Anak Alami Disabilitas

PARDASUKA (26/10/2023) -  Keringat kemarau yang masih berkepanjangan hingga Kamis, 26 Oktober 2023, seperti tak basah lagi, melihat seorang pria berkumis tebal menggendong anaknya berusia tujuh tahun di belakang rumahnya. 

Sumargi, pria berusia 56 tahun, bahkan tak sendirian sore itu. Ia juga bergantian dengan isterinya Misriyati, yang usianya terpaut 11 tahun, menggendong putera mereka, yang seolah-olah masih balita.

Lahir 22 September 2016 , anak ketiga mereka, yang diberi nama mirip pemimpin Kuba, Fidel Castro, tak sembuh dari penyakitnya sejak berusia 8 bulan. Pertumbuhannya normal, namun Vidal Kastro tak bisa menggerakkan apa pun hingga berusia 7 tahun.

Karena sang ayah, Sumargi, hanya bekerja serabutan, mereka hanya bisa mengobati bocah itu bertahap. Apalagi  mereka sudah ke mana-mana, pernah diterapi setahun penuh di sebuah rumah sakit, tetapi sang bocah tetap tidak sembuh, meski dokter menyebutnya karena melemahnya syaraf.

Yang membuat Sumargi dan Misriyati, dalam keadaan seperti itu, kini mereka tidak memperoleh PKH lagi. Tak ada pula bantuan khusus anak. Pengobatan ke rumah sakit terhenti karena mereka tidak mampu membayar BPJS.

Kadus 4  Ari Januwanto dan Mei, Kaur Umum Pekon Sidodadi, Pardasuka, Pringsewu, mengetahui perihal sang bocah. Namun mereka tidak bisa membantu. Termasuk untuk menjelaskan mengapa suami isteri atau anak itu tidak memperoleh PKH dan BPJS PBI saat ini.

PIYAN AGUNG
Posting Komentar

Posting Komentar

-->