pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Pengusaha Galian Pasir Rusak Talud Irigasi di Pringsewu

PAGELARAN UTARA (29/11/2023) -  Pengusaha galian liar merusak irigasi warga di RT 3 RW 1, Pekon Giri Tunggal, Kecamatan Pagelaran Utara, Pringsewu. Setidaknya tiga titik talud di sana hancur, karena penggalian memakai eksavator. Begitu rusak, para pekerja kabur.

Hingga Rabu, 29 November 2023, pengusaha galian masih meninggalkan tumpukan pasir di beberapa titik. Mereka juga memutuskan aliran irigasi dari sungai di daerah sekitar, yang selama ini disalurkan lewat talud.

Jamingin, warga sekitar, mengatakan pengusaha galian pasir liar masuk ke kawasan itu tiga bulan yang lalu. Awalnya, eksavator dikerahkan menguruk tanah di bagian tengah, hingga kawasan sekitar berubah seperti ngarai.

Diduga karena materialnya lebih bagus, eksavator juga menggali pasir ke sekitar talud dan sungai, hingga hancur di empat titik. Setelah rusak dan warga mulai protes, pengusaha dan pekerjanya kabur, termasuk membawa kali eksavatornya.

Sukir, seorang petani di daerah sekitar, mengatakan mereka kini tidak lagi memiliki irigasi karena talud hancur. Untuk menyirami tanaman, warga harus menyedot jauh dari sungai, dan hal itu mustahil dilakukan bagi petani berpenghasilan pas-pasan di sana.

Ketua RT 3 RW 1, Pekon Giri Tunggal, Pagelaran Utara, Pringsewu, Legimen, mengatakan penggalian pasir di sana dilakukan tanpa izin. Para pengusaha dan pekerjanya kabur, setelah warga memastikan hal itu sepuluh hari lalu.

Legimen meminta sang pengusaha bertanggung jawab memperbaiki tiga titik talud yang hancur. Selain irigasi tidak berfungsi, kawasan tersebut akan menjadi pusat genangan air pada musim hujan ini.

PIYAN AGUNG 
Posting Komentar

Posting Komentar

-->