pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Lampung Utara Pamerkan Teknologi Penyiram Tanaman

BANDARLAMPUNG (23/5/2024) – Anjungan Pemkab Lampung Utara menampilkan inovasi teknologi Smart Farming menggunakan smartphone di Pekan Raya Lampung. Dengan aplikasi ini, petani dapat merawat dan menyiram tanaman secara efisien dari jarak jauh.

Pembukaan Pekan Raya Lampung ditandai dengan pemukulan alat musik cetik oleh Gubernur Arinal Djunaidi di PKOR Wayhalim, Bandarlampung, Rabu 22 Mei 2024. Letusan kembang api di udara dan iringan musik semakin memeriahkan malam pembukaan pesta rakyat. Seluruh bupati, wali kota, dan forkopimda menghadiri acara.

Seluruh kabupaten dan kota memeriahkan Pekan Raya Lampung sebagai kegiatan tahunan Provinsi Lampung. Anjungan kabupaten-kota menampilkan stan organisasi perangkat daerah, perbankan, BUMN dan swasta dengan berbagai pelayanan, produk serta kerajinan UMKM untuk dikenalkan dan menarik perhatian masyarakat.

Mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, Sekda Lampung Fahrizal Darminto mengujungi stan Kabupaten Lampung Utara. Rombongan disambut Penjabat Bupati Aswarodi, Sekda Lekok, Forkopimda serta kepala OPD.

Berbagai pelayanan masyarakat, produk kerajinan UMKM Pemkab Lampung Utara seperti tas, perlengkapan rumah tangga berbasis tenun tapis, olahan jajanan kripik pisang dan kopi berderet mengisi stan.

Penjabat Bupati  Aswarodi mengatakan Lampung Utara memiliki inovasi teknologi penyiram tanaman bernama Smart Farming. Aplikasi ini berupa alat kelistrikan ini terkoneksi dengan server internet yang dapat dioperasikan menggunakan hanphone Android.

Alat itu dapat diperintah dengan suara dan bisa berfungsi mematikan listrik serta menghidupkan air untuk menyiram tanaman secara otomatis.

Pengembangan Smart Farming masih tahap ujicoba. Pemkab Lampung Utara akan memanfaatkan alat ini sesuai kebutuhan para petani. Operasi alat ini tidak butuh biaya besar. Para petani bakal terbantu karena biaya produksi lebih efesien. Petani bisa merawat dan menyiram tanaman menggunakan smartphone dari jarak jauh.

ADI SUSANTO
Posting Komentar

Posting Komentar

-->