pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Meriah, Pawai Obor dan Bola Api di Gadingrejo, Pringsewu

PRINGSEWU (16/6/2024 ) -  Santri dan warga Pekon Gadingrejo, Pringsewu, meneruskan tradisi bola api dan pawai obor dalam setiap menyambut tiba Hari Raya Idul Adha, pada malam Senin, 16 Juni 2024. 

Permainan bola api tangan dimulai  dari saat pawai dimulai. Sekelompok santri dan pemuda memainkannya selama di tengah jalan, hingga saat finish dan berkumpul lagi di lapangan.

Para santri lain meramaikan pawai dengan membawa obor. Selama pawai, mereka mengumandangkan takbir, untuk mengangungkan Allah.

Karena sudah ditradisi, pawai bola api dan obor dimeriahkan juga oleh warga, dengan mengikutinya dari belakang, menaiki sepeda motor dan roda empat.

Pawai menyambut Lebaran Idul Adha Tahun 2024 akhirnya menjadi meriah, karena masyarakat pun tertarik untuk ikut serta.

Setelah finish, permainan obor dilanjutkan oleh para pemuda dan santri di lapangan. Mereka tampak sudah mahir memainkannya, selain karena sudah sering, juga diajari oleh para guru beberapa hari sebelumnya.

Puncak acara, seperti pada malam Idul Adha sebelumnya, bermain bola api. Tanpa rasa ragu, para santri memainkan bola api, seperti halnya bermain sepakbola biasa.

Rohimin, koordinator pawai dan bola api, mengatakan tradisi itu sudah bertahun-tahun dilakukan, bahkan, pada saat pandemi berlangsung.

Kepala Pekon Gadingrejo, Sariman, mengatakan ramainya santri dan warga mengikuti pawai tersebut sebagai bukti masyarakat masih mencintai budaya bola api, yang biasanya dilaksanakan pada setiap Malam Idul Adha.

PIYAN AGUNG 
0

Posting Komentar

-->