pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Momen Hari Kemerdekaan Saatnya Sapu Bersih Sampah

AMBARAWA (19/8/2024) – Pekon Persiapan Kresno Mulyo Barat, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan bertajuk Merdeka Sampah untuk Indonesia.

Pembersihan sampah digagas Penjabat Kepala Pekon Persiapan Kresno Mulyo Barat Agus Purnomo. Mantan pegawai BPBD Pringsewu ini bertugas sejak 4 Desember 2023 setelah Pekon Kresno Mulyo Barat mekar dari Pekon Kresno Mulyo pada 6 September 2021.

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Pekon Persiapan Kresnomulyo Barat tidak semeriah pekon-pekon lain karena belum definitif. Namun, pekon ini tetap memperingati hari bersejarah dengan gerakan merdeka sampah.

Kegiatan ini melibatkan Relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan Karang Taruna Pekon Persiapan Kresnomulyo Barat. Mereka bergerak memerangi sampah terutama masih bernilai ekonomis untuk diolah sehingga bisa dimanfaatkan kembali.

Agus Purnomo mengatakan pembersihan sampah secara bergotong-royong mengerahkan warga, relawan Destana dan karang taruna. Mereka mengumpulkan sampah dari rumah ke rumah. Sampah dipilah-pilah sesuai jensi dan kondisi. Hasil pengolahan sampah akan dimanfaatkan untuk kegiatan sosial seperti santunan lansia dan anak yatim piatu.

Bersih-bersih sampah bakal berkelanjutan sehingga Pekon Persiapan Kresnomulyo Barat menjadi pekon sehat serta bebas dari pencemara dan lingkungan kumuh.

PIYAN AGUNG
Posting Komentar

Posting Komentar

-->