pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Brida Lampung Barat Luncurkan Buku Dari Liwa ke Suoh

BALIKBUKIT (12/9/2024) – Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Lampung Barat meluncurkan buku seri kaldera Nusantara Dari Liwa ke Suoh di Aula Keagungan Setdakab, Kamis 12 September 2024.

Peluncuran buku ini mendapat apresiasi Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman. Buku ini mengungkap potensi Lampung Barat tentang keragaman geologi, keanekaragaman hayati dan budaya yang melimpah untuk dikembangkan menjadi taman bumi atau geopark.

Pengembangan geopark  wilayah Kaldera Suoh berdasarkan Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor 72 Tahun 2022 Tentang Tim Percepatan Pengembangan Taman Bumi (Geopark).

Dengan peluncuran buku ini, Asisten III Bidang Administrasi Umum Wasisno Sembiring berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan khalayak mengetahui potensi geologi, keanekaragaman hayati dan budaya Lampung Barat.

Peluncuran buku ini menambah kekayaan khazanah ilmu pengetahuan bidang penelitian dan pengembangan keilmuan geologi sebagaimana digagas kalangan perguruan tinggi yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, dan Institut Teknologi Sumatera pada Desember 2023.

Pemkab Lampung Barat hendak mengembangkan geopark Suoh sebagai bagian pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Pembangunan ini berbasis konservasi sumber daya alam, perlindungan keanekaragaman hayati, dan pelestarian budaya lokal.

Kepala Brida Lampung Barat Paijo menyebut peluncuran buku seri kaldera Nusantara Dari Liwa ke Suoh merupakan rangkaian panjang dari keinginan pemerintah mewujudkan Suoh sebagai geopark nasional.

Dosen Teknik Geofisika Unila Prof. Dr. Muhammad Sarkowi mengatakan keberadaan kaldera Suoh bakal didorong menjadi geopark demi keuntungan semua pihak.

LILIANA PARAMITA
0

Posting Komentar

-->