pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Warga Kalianda Berjubel Antre Bantuan Air Bersih

KALIANDA (4/9/2024) – Warga Desa Munjuk Sampurna, Kecamatan Kalianda, berjubel  mengantre air bersih, Rabu 4 September 2024. Bantuan air ini sudah ditunggu-tunggu sejak warga terdampak kekeringan sebulan terakhir.

Bantuan air bersih didistribusikan Polres Lampung Selatan bersama Kodim dan Damkarmat. Tim gabungan mengerahkan personel Polri dan TNI sekaligus armada damkar dan rantis water cannon.

Armada ini menyalurkan air bersih ke tiga dusun di Desa Munjuk Sampurna, Kecamatan Kalianda. Pendistribusian air bersih hari ini merupakan jadwal kedua. Tim gabungan sebelumnya menyalurkan air bersih di tiga dusun wilayah Kecamatan Katibung.

Warga menampung air bersih menggunakan  ember, jerigen, galon, drum plastik dan tandon. Bantuan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi, dan mencuci.

Warga berjubel mengatre bantuan air bersih sambil membawa sejumlah penampungan. Satu titik pembagian air mencapai ratusan warga.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan pendistribusian bantuan air bersih ke Desa Munjuk Sampurna melibatkan Polres, Kodim serta Damkarmat. Bantuan air bersih hari ini sebanyak 17.000 liter. Sebelumnya juga mendistribusikan air bersih ke Kecamatan Katibung dengan volume 18.000 liter.

Personel Polri dan TNI rela mengantarkan air dari rumah ke rumah terutama ibu-ibu yang tidak kuat mengangkat air segalon atau jerigen. Sementara pemilik drum plastik mendapat distribusi dari selang damkar.

Pendistribusian air bersih merupakan wujud kepedulian Polri, TNI, dan Pemkab Lampung selatan terhadap warga terdampak kekeringan. Bantuan direncanakan berkelanjutan selama warga kesulitan air akibat kemarau.

Kepala Desa Munjuk Sampurna Erwin Saputra mengatakan warga desa terdampak kemarau sebulan terakhir. Sumur mengalami kekeringan sehingga menyulitkan aktivitas sehari-hari. Warga memanfaatkan program penyediaaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) tetapi stok air tidak sebanding dengan banyaknya kebutuhan.

HARRY ATFRIANSYAH
0

Posting Komentar

-->