pTzHC95kDouQYrsREyhoYFkgZJIas4EQAFJtLwOS
Bookmark

Kukang Nyasar ke Diler Motor, Damkarmat Mesuji Turun Tangan

SIMPANGPEMATANG (1/10/2024) – Seekor kukang nyasar masuk diler motor di Pasar Simpangpematang, Mesuji, Selasa 1 Oktober 2024. Satwa ini dievakuasi petugas Damakrmat dan dilepaskan kembali ke habitatnya.

Petugas Damkarmat Mesuji mengevakuasi kukang setelah menerima informasi dari diler motor. Kukang sempat diikat supaya tidak mengganggu pengunjung. Keberadaan kukang menjadi tontonan warga karena tampak imut dan menggemaskan. Primata ini tergolong satwa dilindungi berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990.

Asal-usul kukang dan kapan masuk diler motor tidak diketahui. Karyawan diler tiba-tiba melihat satwa ini di salah satu sudut ruangan. Ia diperkirakan nyasar masuk diler karena kesulitan mencari makanan. Kukang merupakan satwa liar yang aktif malam hari.

Kukang dikenal sebagai hewan pemalu namun agresif melakukan cengkeraman  dan menggigit bila merasa terusik, Proses evakuasi kukang hanya sebentar. Petugas Damkarmat kembali melepasliarkan kukang ke hutan wilayah Simpangpematang dengan lokasi jauh dari permukiman.

Kukang nyasar sampai Pasar Simpangpematang diduga karena mencari makanan. Satwa ini menyukai buah-buahan  manis dan agak asam seperti cempedak, nangka, dan durian.

Primata ini juga mengonsumsi pakan hewani untuk memenuhi kebutuhan protein seperti serangga, anak burung, telur burung, kadal pohon, ular kecil, ulat sagu dan cecak poho. Di luar musim buah-buahan, satwa ini sering ditemukan di pepohonan yang ada sarang burung dan sarang semut.

Kadis Damkarmat Mesuji Yanuar Fitrian menyebut adanya penemuan seekor kukang di kantor diler motor Pasar Simpangpematang. Satwa itu tampak kebingungan mencari jalan keluar sehingga karyawan diler meminta bantuan evakuasi.

SULISTIONO
0

Posting Komentar

-->